Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Fakultas Sains dan Teknologi
blog-img-10

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Mengadakan Workshop Untuk Guru-Guru di Sekolah MIS Nurul Huda dengan Tema "Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru"

saintek.universitaskarimun.ac.id, Karimun,. Transformasi pendidikan di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh jenjang, Mulai Pendidikan Anak Usia Dini sampai Tingkat sekolah Menengah Keatas atau Kejuruan. Fokus utama dari transformasi ini adalah mewujudkan profil Pelajar Pancasila pada setiap peserta didik, yang dimulai dari fondasi awal pendidikan di PAUD. Untuk mencapai tujuan ini, peningkatan kompetensi guru Madrasah menjadi sangat penting, karena mereka memegang peranan kunci dalam mendukung tumbuh kembang peserta didik serta memastikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Model Kompetensi Guru yang dicanangkan memiliki empat kompetensi utama:

1. Kompetensi Pedagogik – Kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif.

2. Kompetensi Kepribadian – Sikap dan karakter profesional yang harus dimiliki pendidik.

3. Kompetensi Sosial – Keterampilan berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan pendidikan.

4. Kompetensi Profesional – Pengetahuan dan keterampilan spesifik yang relevan dengan tugas profesional.

Tujuan dari Workshop ini adalah:

1. Memahami Model Kompetensi Guru: Peserta mendapatkan pemahaman yang jelas tentang model kompetensi guru PAUD, termasuk keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan.

2. Menghubungkan Kompetensi: Peserta belajar bagaimana setiap kompetensi saling berhubungan dan bagaimana pengembangan satu kompetensi dapat mendukung kompetensi lainnya.

3. Praktik Baik: Peserta diberi contoh implementasi praktik baik dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

4. Diseminasi dan Implementasi: Peserta mampu menyebarluaskan model kompetensi melalui metode interaktif dan informatif dalam komunitas belajar di daerah mereka.

5. Refleksi Kompetensi: Peserta melakukan refleksi terhadap kompetensi sesuai dengan level dan sub-indikator yang ada.